5 Aturan Makan Bagi Kamu Yang Sedang Menjalani Detox

5 Aturan Makan Bagi Kamu Yang Sedang Menjalani Detox

Apakah selama ini kamu telah menerapkan pola makan yang baik dan seimbang? Coba deh kamu ingat-ingat lagi! Apa jangan-jangan kamu justru lebih menyukai makanan yang berlemak dan junk food? Jika iya, maka tanpa kamu sadari akan banyak racun yang mengendap dalam tubuh. Lalu, apa yang harus dilakukan untuk mengeluarkan racun-racun tersebut?

Caranya adalah dengan melakukan detox. Mengapa kita memerlukan detox? Karena dengan detox maka toksin atau zat-zat yang berbahaya dapat dikeluarkan dari dalam tubuh. Meskipun pada dasarnya hati dan ginjal akan membuang racun yang masuk ke dalam tubuh, tetapi jika jumlah racun terlalu banyak maka akan mengendap sedikit demi sedikit di dalam tubuh.

Bagi kamu yang ingin menjalani detox, terdapat 5 aturan makan yang perlu kamu perhatikan, diantaranya adalah :

1. Hindari Minuman Yang Mengandung Kafein & Alkohol

Saat melakukan detox, alangkah baiknya jika kamu menghindari minuman yang banyak mengandung kafein seperti minuman bersoda, teh, dan kopi. Saat kamu memilih minuman tersebut maka akan menimbulkan reaksi yang berlebihan saat menjalani detox seperti mual dan sakit kepala.

Kamu dapat menggantinya dengan matcha atau teh hijau jika memang belum bisa sepenuhnya terlepas dari kafein. Sedangkan, minuman beralkohol juga dapat mengganggu program detox karena dapat merusak jaringan tubuh dan sel-sel hati. Jadi, agar proses pembuangan racun dari dalam tubuh dapat berjalan maksimal, hindari minuman beralkohol.

2. Perbanyak Minuman Air Putih

Untuk membantu tubuh agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik maka kita memerlukan air yang cukup karena sekitar 80 persen dari tubuh kita mengandung air. Minum tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan rasa haus namun juga membantu tubuh dalam membersihkan racun.

Jadi, jika kamu ingin mengeluarkan lebih banyak racun maka minumlah lebih banyak air terlebih lagi saat menjalani detox. Jika setiap hari, kamu minum sekitar 8 hingga 10 gelas, maka tambahlah beberapa gelas saat kamu melakukan detox. Semakin banyak aktivitas yang kamu lakukan, kamu juga memerlukan cairan yang lebih banyak pula.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

3. Konsumsi Sayur & Buah Lebih Banyak

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi jika sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang berguna bagi tubuh. Selain bermanfaat untuk kesehatan, kandungan serat yang tinggi pada sayur dan buah mampu membantu tubuh dalam mengeluarkan racun atau toksin. Jadi, dengan mengkonsumsi sayur dan buah maka racun akan lebih mudah dibersihkan.

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan konsumsi buah dan sayur per harinya, diantaranya adalah :

  • Membuat jus sayur dan buah

Jika kamu merasa kesulitan menghabiskan porsi buah dan sayur yang banyak, maka tidak ada salahnya untuk membuatnya menjadi jus. Pilihlah buah dan sayur kesukaanmu yang banyak mengandung serat dan vitamin C kemudian kombinasikan menjadi jus yang lezat.

  • Menerapkan raw diet

Yang dimaksud raw diet adalah diet menggunakan makanan mentah terutama sayuran. Diet ini akan membantu kinerja hati dan usus untuk membuang racun dari dalam tubuh. Anda dapat mengkonsumsi jeruk nipis, sayuran mentah, bawang putih, dan lemon untuk proses detoksifikasi.

4. Puasa

Menjalankan puasa ternyata memberikan pengaruh yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Tanpa kita sadari, puasa mampu membantu tubuh dalam menghilangkan racun. Saat melakukan puasa, otomatis kamu akan tidak minum dan tidak pula makan dalam waktu tertentu. Saat itulah tubuh memanfaatkannya untuk proses detoksifikasi.

Selain itu, beberapa organ juga dapat beristirahat sejenak untuk melakukan penyegaran, mengatur ulang fungsinya, dan melakukan pemulihan. Untuk membantu tubuh beristirahat secara mental, kamu sebaiknya juga menghindari stres. Cobalah untuk melakukan puasa dalam satu minggu dan lihat hasilnya.

5. Kurangi Konsumsi Gula

Salah satu usaha yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengurangi endapan toksin di dalam tubuh adalah mengurangi konsumsi gula terlebih lagi pemanis buatan. Saat kamu banyak mengkonsumsi gula maka kerja pankreas akan semakin berat untuk menghasilkan insulin.

Kandungan gula yang tinggi bukan hanya dikarenakan kita mengkonsumsi makanan yang manis, namun karbohidrat pun juga merupakan sumber gula bagi tubuh. Jadi, kamu dapat mengganti nasi dengan karbohidrat yang lebih banyak mengandung serat dan rendah gula seperti beras merah, oat, dan gandum.

Menjalani detox dengan menerapkan 5 aturan makan di atas tentu akan membuat program detox yang kamu lakukan berhasil dengan baik dan efektif. Ayo, tunggu apalagi! Segera bersihkan tubuh kamu dari toksin dengan detox sehat!

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan