5 Cara Detox Tubuh untuk Mengatasi Penyakit Hipertensi

5 Cara Detox Tubuh untuk Mengatasi Penyakit Hipertensi

Jaman sekarang banyak sekali yang gampang terserang darah tinggi atau hipertensi karena pola hidup yang tidak teratur, padahal umurnya masih muda. Maka dari itu, sebelum terkena hipertensi dini tidak ada salahnya mengenal gejala-gejala awalnya biar bisa langsung diatasi bahkan dicegah.

Apa Itu Hipertensi?

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah keadaan tekanan di dalam pembuluh darah arteri meningkat lebih tinggi dari kadar normal. Sebetulnya orang yang menderita hipertensi masih bisa mengendalikan tekanan darah tanpa obat-obatan. Salah satunya adalah dengan menerapkan pola hidup sehat dan terutama pada pola makan sehari-hari.

Bagi sebagian orang yang sudah terkena hipertensi tidak sadar bahwa dirinya sudah terserang penyakit tersebut. Bahkan mereka juga tidak bisa merasakan gejala-gejala hipertensi. Akan tetapi kabar baiknya risiko hipertensi bisa Anda minimalisir dengan detox tubuh yakni mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang bisa menurunkan tekanan darah.

Dua hal tersebut merupakan bagian yang paling penting dari tekanan darah atau dietary approaches to stop hypertension (DASH). Dua hal tersebut terdiri dari bermacam-macam makanan seperti kacang-kacangan, unggas ikan dan juga susu rendah lemak.

Inilah 5 cara detox tubuh mengatasi penyakit hipertensi yang bisa dilakukan sendiri.

Menerapkan Diet Penurun Darah Tinggi

Cara untuk mendetox tubuh dalam mengatasi penyakit hipertensi yang bisa Anda lakukan sendiri yaitu dengan menerapkan diet penurun darah tinggi. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan untuk detox tubuh sebagai berikut:

1. Makanan pokok dan Buah yang Bervariasi

Cara detox tubuh untuk mengatasi yang pertama yaitu dengan makan makanan pokok dan juga buah yang bervariasi. Sebaiknya makanan pokok Anda sajikan ke dalam porsi kecil saja yaitu 7 hingga 8 porsi per hari. Makanan pokoknya juga harus di variasikan misalnya roti gandum, pasta dan nasi.

Sedangkan buah-buahan juga perlu di variasikan dengan mengonsumsi 4 sampai dengan 5 porsi sehari. Pemilihan buah-buahan sendiri bisa Anda pilih antara setengah cangkir buah segar, ¼ cangkir buah kering, 1 buah utuh dengan ukuran sedang ataupun segelas jus buah. Dengan variasi makanan pokok dan juga buah diharapkan bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

2. Sayur, Kacang-kacangan Mentah atau Matang

Sebagaimana mengonsumsi buah yang bervariasi, Anda juga perlu mengonsumsi sayur-sayuran sebanyak 4 sampai dengan 5 porsi setiap harinya. untuk perkiraan per satu kali saja yaitu dengan menggunakan satu mangkuk yang berisi sayuran mentah dan telah dibersihkan. Selain itu Anda juga bisa menggunakan setengah mangkuk yang berisi sayuran matang.

Bukan hanya itu saja, mengonsumsi kacang-kacangan juga dianjurkan yaitu sebanyak 4 sampai 5 porsi per minggu. Sedangkan setiap satu porsinya bisa diisi dengan ⅓ cangkir kacamata ataupun ½ cangkir kacang matang.

3. Daging Merah, Ikan dan Unggas Tanpa Lemak

Daging merah seperti daging sapi, ikan dan juga unggas bisa Anda konsumsi sebanyak 2 porsi per hari. Namun Anda harus pastikan bahwa Anda sudah memilih daging yang tidak mengandung lemak.

4. Susu dan Olahan Susu Rendah Lemak

Minum yogurt satu cangkir ataupun minum segelas susu dan juga 2 sampai 3 lembar keju bisa menjadi salah satu pilihan yang paling ideal untuk mendampingi detox yang Anda jalankan. Porsinya bisa Anda bagi dalam 2 sampai 3 kali konsumsi sehari.

5. Minyak Sayur atau Margarin Dipakai Terbatas

Penggunaan minyak sayur ataupun margarin sendiri bisa Anda pakai maksimal 2 hingga 3 porsi saja per harinya. Sedangkan Anda juga bisa memilih memakai margarin, minyak sayur ataupun mayones yang rendah lemak sebagai campuran dalam menu makanan Anda.

Di samping itu, Anda juga sangat dianjurkan untuk menjalankan pola hidup yang sehat. Mulai dengan berolahraga teratur, tidak merokok, mengurangi mengonsumsi minuman berkafein dan beralkohol, mengelola stres dengan baik serta membatasi makanan yang mengandung garam tinggi. Anda juga jangan lupa untuk mengontrol secara rutin ke dokter supaya kondisi kesehatan Anda dan juga perkembangan dari penyakit hipertensi bisa dipantau.

5 cara detox tubuh untuk mengatasi penyakit hipertensi di atas tentunya sangat mudah untuk Anda lakukan. Selain caranya mudah, manfaatnya juga cukup bisa dirasakan. Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan