5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Detox Tubuh

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Detox Tubuh

Detox memang diperlukan bagi tubuh, terlebih lagi jika kamu merasakan tanda-tanda dimana tubuh mulai dipenuhi dengan racun yang memang layak untuk dibuang. Namun, seperti halnya dengan diet, detox juga memiliki aturan tertentu yang wajib buat kamu perhatikan. Jadi, saat melakukan detox tidak boleh sembarangan, ada hal yang memang dilarang dan ada juga yang diperbolehkan.

Terdapat setidaknya 5 hal yang harus diperhatikan saat melakukan detox tubuh, diantaranya adalah :

1. Konsultasikan Ke Pakar

Untuk mulai melakukan detox, ada baiknya jika kamu konsultasi terlebih dahulu ke ahli gizi. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi tubuh kamu. Apalagi jika kamu memutuskan untuk memilih detox ketat seperti water fasting. Ada baiknya jika hal ini dilakukan di bawah pengawasan dan di klinik khusus.

Detox ekstrem memiliki risiko yang lebih besar bagi kesehatan tubuh. Water fasting atau detox air putih yang disuling bisa saja menyebabkan tubuh kekurangan natrium dan hipotermia jika tidak diawasi oleh ahlinya. Jadi, meskipun kamu melakukan detox di rumah alangkah baiknya jika konsultasi dulu ke pakar sebelum melakukannya.

2. Pelajari Jenis Detox Yang Sesuai

Terdapat banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk melakukan detox tubuh. Misalnya saja, detox jus buah dan sayur, berpuasa, detox rest atau detox olahraga, maupun detox air putih yang disuling. Untuk memilih jenis detox, sesuaikan dengan kondisi tubuh kamu. Tidak perlu memilih detox ekstrem jika kondisi tubuh kamu tidak mampu melakukannya.

Hal tersebut jika dipaksakan justru akan berbahaya bagi kesehatan kamu. Efek dari jenis detox yang dipilih juga akan memberikan hasil yang berbeda bagi setiap orang tergantung dari kondisi tubuh masing-masing. Orang yang memiliki gangguan kesehatan kemungkinan efek dari detox yang diterima tidak akan sebaik orang yang sehat.

3. Detox Tidak Setiap Hari

Hal ini yang harus kamu perhatikan dengan baik yaitu detox tidak dilakukan setiap hari. Detox hanya perlu dilakukan ketika kadar toksin dalam tubuh sudah banyak dan kinerja organ menjadi kurang sempurna. Bagi orang yang sering terpapar polusi atau racun, detox setidaknya dilakukan setahun sekali.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

4. Jangka Waktu Menjalani Detox

Detox biasanya dilakukan selama 7 hingga 40 hari tergantung dari kondisi tubuh masing-masing individu. Bagi kamu yang belum pernah melakukan detox, kamu dapat mencoba detox selama 3 hari terlebih dahulu. Mengapa harus tiga hari? Karena baru pada hari ketiga proses pengeluaran toksin akan dimulai.

Jika kamu memilih untuk melakukan detox selama lebih dari 7 hari, alangkah baiknya jika konsultasi terlebih dahulu kepada ahli gizi.  Dalam buku Detox is Easy yang ditulis oleh Rita, dijelaskan bahwa melakukan detox tidak boleh lebih dari 2 hari apalagi jika kamu melakukan detox jus.

Saat melakukan detox jus, nutrisi yang diperoleh oleh tubuh tidaklah lengkap. Oleh sebab itu, jika detox ini dilakukan lebih dari dua hari maka harus ada pengawasan dari pakar kesehatan atau ahli gizi.

5. Detox Puasa &Pola Makan Seimbang Lebih Baik

Detox yang lebih disarankan oleh para ahli gizi adalah pola makan yang seimbang dan puasa dibandingkan harus mengikuti detox yang sedang tren. Sebagai seorang ahli gizi, Hardiansyah menyatakan jika kombinasi antara detox pengaturan pola makan dan minum yang baik dengan puasa Ramadhan mampu memberikan pengaruh yang lebih efektif.

Menurut Rita Ramayulis DCN, M.Kes, detox puasa akan lebih memberikan hasil terbaik jika kamu tidak mengkonsumsi gula secara berlebihan dan menghindari makan gorengan ketika berbuka puasa maupun saat sahur.

Hal-Hal Yang Mampu Menunjang Kebersihan Detox Tubuh

Selain 5 hal yang harus kamu perhatikan di atas, terdapat juga beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin berhasil dalam melakukan detox tubuh, diantaranya adalah :

  • Lakukan olahraga secara teratur. Olahraga mampu membuang racun di dalam tubuh dalam bentuk keringat.
  • Perbanyak minum air putih. Saat melakukan detox, kamu harus tetap memperhatikan kebutuhan cairan dalam tubuh dengan minum setidaknya 8 gelas per hari. Air putih juga bagus untuk menunjang detox tubuh yang sedang kamu lakukan.
  • Konsumsi buah & sayur. Buah dan sayur mengandung banyak mineral dan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Selain itu, buah dan sayur kaya akan serat yang mampu membuang berbagai racun dari dalam tubuh.
  • Jauhi minuman yang mengandung alkohol dan kafein. Minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat mengganggu program detox yang sedang kamu lakukan. Jenis minuman tersebut mampu memberikan reaksi yang berlebihan saat kamu melakukan detox seperti mual dan sakit kepala.

Tertarik untuk melakukan detox tubuh? Jangan lupa untuk memilih jenis detox yang sesuai dengan kondisi tubuh kamu dengan berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar kesehatan.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan