5 Jus Buah untuk Detox yang Mampu Mencegah Serangan Kolesterol

5 Jus Buah untuk Detox yang Mampu Mencegah Serangan Kolesterol

Buah-buahan adalah sumber makanan yang paling baik untuk dijadikan sebagai media detox sehingga mampu mencegah serangan kolesterol. Selain itu buah-buahan juga banyak di pasaran sehingga mudah didapatkan dan tentunya rasanya juga enak. Namun Berikut ini adalah 5 jus buah untuk detox yang mampu mencegah serangan kolesterol.

1. Apel dan Pir

Buah apel termasuk jenis buah yang bisa dijadikan untuk detox dan mampu mencegah serangan kolesterol. Kandungan pektin dan juga serat yang bisa larut dalam air sehingga ampuh untuk menurunkan kolesterol paling banyak terkandung pada kulit apel. Dengan demikian, buah apel mampu membantu menurunkan kolesterol dan juga lemak jahat yang ada di dalam usus halus sehingga terbawa keluar melalui urin serta feses.

Selain itu apa juga memiliki kandungan antioksidan polifenol dan juga vitamin yang mampu mengurangi peradangan. Apalagi serat pada buah apel akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama sehingga bisa dijadikan sebagai makanan diet. Sedangkan buah pir merupakan buah yang tinggi akan serat alami. Bahkan makan satu buah pir dengan ukuran sedang sudah mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebanyak 16%.

Bahkan serat yang ada di dalam buah pir nilainya lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel. jenis serat tersebut adalah tim yang mampu mengikat kolesterol serta membawanya keluar dari dalam tubuh. Dengan demikian kolesterol jahat LDL bisa menurun dalam tubuh.

2. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang banyak mengandung lemak tak jenuh tunggal sehingga sangat baik untuk kesehatan jantung. Minum jus alpukat yang kaya kandungan mineral, vitamin serta senyawa juga mampu menghambat penyerapan kolesterol yang terjadi dalam tubuh. Bahkan mengonsumsi 1 buah alpukat per harinya dapat membantu tubuh menurunkan kolesterol jahat atau LDL.

Bahkan pernah ada penelitian yang menyatakan bahwa alpukat bukan hanya mempengaruhi kadar kolesterol saja, akan tetapi juga akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama bahkan sampai 3 hingga 5 jam. Selain itu alpukat juga bisa menstabilkan kadar gula dalam darah dan juga mencegah kanker serta penyakit jantung karena memiliki kandungan glutathion dan antioksidan.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

3. Berries (Strawberry, Blueberry, Cranberry)

Keluarga berry-berryan memang kaya akan kandungan pektin dan syaratnya bisa larut dalam air sehingga mampu mengikat kolesterol yang sudah terserap ke usus halus. Dengan demikian kolesterol jahat atau LDL bisa menurun dan akan tergantikan dengan kolesterol baik atau HDL. Bahkan penelitian yang dimiliki oleh Erlund et al dengan menggunakan 72 subjek penelitian dengan faktor risiko penyakit kardiovaskular telah menunjukkan bahwa 2 porsi asupan buah berry perhari yakni saat setelah makan siang dan setelah makan malam mampu meningkatkan kadar HDL serta menurunkan tekanan darah sistolik.

Sedangkan pengertian dari Basu et al yang menggunakan 16 subjek wanita, asupan rutin berry bisa menurunkan kolesterol jahat atau LDL hanya dalam 4 Minggu. Di samping itu buah-buahan kelompok berry juga memiliki kandungan polifenol dan juga antioksidan yang cukup tinggi dan sangat baik untuk tubuh.

4. Anggur

Sebagaimana buah-buahan lainnya, anggur juga memiliki kandungan serat yang larut dalam air sehingga mampu mengikat kolesterol yang terserap di dalam usus halus. Bahkan pernah terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa buah anggur punya cukup tinggi kandungan senyawa antioksidan terutama pada buah anggur merah.

Kandungan senyawa antioksidan yang ada di buah anggur terbukti mampu meningkatkan kolesterol baik atau HDL. Selanjutnya antioksidan bisa menurunkan kolesterol jahat atau LDL sekaligus trigliserida dalam darah. Maka dari itu anggur menjadi salah satu camilan sehat bagi orang-orang yang punya aterosklerosis koroner. Selain itu anggur memiliki kandungan antioksidan quercetin yang bisa melawan peradangan dalam tubuh.

5. Jeruk

Jeruk termasuk buah-buahan yang tinggi serat larut air sehingga sangat baik untuk mengikat kolesterol yang terserap di dalam usus halus untuk kemudian dikeluarkan. Buah jeruk mempunyai kandungan d-limonene yaitu senyawa kimia yang sangat baik dalam melarutkan kolestrol sekaligus menghambat kanker payudara serta kanker usus.

Jeruk yang sangat bermanfaat sebagai anti kanker tersebut Telah dilaporkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan sekitar tahun 2007 yang lalu. Di samping itu jeruk juga salah satu buah yang memiliki kadar vitamin C cukup tinggi. Vitamin C juga akan mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler.

5 jus buah untuk detox yang mampu mencegah serangan kolesterol sebagaimana disebutkan di atas tentunya sangat mudah untuk didapatkan. Apalagi semua buah-buahan tersebut ada di pasaran sehingga untuk membuat jus sebagai detox tidak perlu kesulitan. Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan