6 Bahan Makanan Berserat Untuk Detox Dan Mencegah Kanker Usus

6 Bahan Makanan Berserat Untuk Detox Dan Mencegah Kanker Usus

Usus adalah salah satu organ dari saluran pencernaan yang keberadaannya sangat penting. Usus terdiri dari usus halus serta usus besar. Kedua unsur tersebut punya peran masing-masing yaitu usus halus berfungsi untuk menyerap nutrisi melalui proses pencernaan. Usus halus sendiri terbagi ke dalam tiga bagian yakni usus 12 jari, kurs tengah dan juga usus halus bagian akhir.

Sedangkan fungsi dari usus besar adalah untuk membuang kandungan elektrolit yang ada di dalam tubuh yang sudah tidak tercerna lalu kemudian membentuk akhir pembuangan supaya mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Usus besar sendiri terbagi ke dalam beberapa bagian yaitu sekum sebagai gantung pada bagian awal usus besar dan sebagai tempat menyimpan kotoran sebelum akhirnya dikeluarkan melalui anus.

Karena usus adalah organ yang punya peran cukup besar, maka sering kali usus mengalami masalah apabila tidak diperhatikan kesehatannya. Beberapa penyakit bisa menyerang usus dan salah satunya yaitu kanker usus besar. Kanker usus besar yang masih tahap awal mungkin masih belum bisa dirasakan gejalanya oleh penderitanya.

Maka dari itu, Anda perlu memahami gejala yang muncul saat terkena kanker usus besar. Namun ada baiknya Anda mencegahnya dengan menjaga kesehatan usus terlebih menjaga pola makan.

Makanan Untuk Mencegah Kanker Usus

Guna mencegah terjadinya kanker usus, maka Anda bisa mengonsumsi 6 bahan makanan berserat yang digunakan untuk detoksifikasi. Tentunya dengan 6 bahan makanan yang berserat tersebut harus Anda masukkan dalam menu pola makan sehat. Selain itu nutrisi serta diet yang tepat adalah salah satu kunci guna mencegah berbagai macam penyakit termasuk kanker usus. Di bawah ini adalah 6 bahan makanan berserat untuk detox dan mencegah kanker usus yang mudah untuk didapatkan.

1. Susu & Produk Olahan

Kanker usus kebanyakan bermula dari pertumbuhan sel tidak ganas yang tumbuh dalam stadium awal hingga akhirnya membentuk polip. Sudah banyak studi yang mengatakan bahwa kalsium yang berada di dalam usus serta produk olahan lainnya bisa menurunkan risiko tumbuhnya sel tidak ganas tersebut.

2. Sayur & Buah

Selain susu dan produk olahan, konsumsi sayur dan buah adalah salah satu cara detoksifikasi agar terhindar dari kanker usus. Berbagai macam sayur dan buah dengan beraneka warna punya kandungan zat fitokimia yang berfungsi menghalangi pertumbuhan sel kanker. Selain itu zat fitokimia juga mampu memerangi inflamasi yang bisa memicu kanker.

Beberapa sayuran yang bisa Anda coba konsumsi seperti kol dan juga brokoli. Sedangkan untuk buah-buahan yang bisa Anda konsumsi yaitu buah-buahan yang mengandung vitamin C tinggi seperti jeruk.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

3. Biji-bijian

Biji-bijian adalah bahan makanan yang punya kandungan nutrisi beserta sumber dari magnesium dan juga serat. Jika Anda mengonsumsi gandum dan biji-bijian sebanyak 10 gram dalam sehari, maka hal tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan serat alami dalam tubuh. Selain itu juga bisa menurunkan risiko kanker usus sampai dengan 10%.

4. Polong-polongan

Sebagaimana biji-bijian, polong-polongan juga baik sebagai detoksifikasi untuk mencegah kanker usus. Hal tersebut dikarenakan polong-polongan adalah makanan yang berserat tinggi dan kaya akan kandungan vitamin e, protein serta vitamin b. Jenis polong-polongan tersebut misalnya seperti keledai, kacang polong, kacang merah dan juga lentil.

Polong-polongan juga mengandung flavonoid yang berfungsi untuk mencegah tumbuhnya tumor. Antioksidan juga terdapat di dalam polong-polongan sehingga mampu melindungi tubuh dari serangan kanker usus.

5. Ikan

Ikan adalah salah satu makanan yang sangat bagus untuk dikonsumsi guna menjaga kesehatan. Ikan berlemak memang kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker serta menjaga kesehatan jantung. Akan tetapi sebaiknya Anda menghindari makan ikan yang mengandung merkuri serta polutan lainnya yang cukup tinggi.

6. Makanan Kaya Asam Folat

Bahan makanan berserat untuk detox dan mencegah kanker usus yang terakhir adalah makanan yang kaya akan asam folat. Dikarenakan asam folat bisa melindungi sel DNA dari terjadinya kerusakan.

Nah, semoga 6 bahan makanan berserat untuk detox dan mencegah kanker usus yang telah kami sebutkan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan