6 Cara Mudah Lakukan Detox Hanya Dalam 24 Jam

6 Cara Mudah Lakukan Detox Hanya Dalam 24 Jam

Mungkin kamu pernah merasa kembung, cepat lelah, dan pusing tanpa sebab. Hal ini bisa jadi dikarenakan banyaknya makanan dan minuman tidak sehat yang masuk ke dalam tubuh. Oleh sebab itu, kamu memerlukan proses pengeluaran toksin yang mengendap dikarenakan makanan dan minuman yang tidak sehat tersebut. Detox adalah cara terbaik untuk membersihkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Biasanya detox akan dilakukan minimal selama 3 hari. Namun, ternyata terdapat 6 cara mudah lakukan detox hanya dalam 24 jam. Penasaran apa saja caranya? Berikut uraiannya

1. Minum Segelas Besar Air Saat Bangun Tidur

Saat kamu tidur maka setidaknya selama 7 atau 8 jam tubuh tidak terhidrasi. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika kamu meminum segelas air saat bangun tidur agar tubuh kembali berenergi dan segar. Cara ini juga baik untuk kamu lakukan sebelum tidur guna mencukupi kebutuhan air saat tubuh beristirahat.

Selain itu, penuhi kebutuhan cairan dalam sehari dengan minum air putih sekitar 8 hingga 10 gelas atau sekitar 2 liter. Air berfungsi sebagai detox alami yang sangat baik dan efektif. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup maka proses pembersihan tubuh dari racun juga dapat berjalan dengan baik.

2. Tidur Yang Cukup

Kunci untuk mengatur ulang tubuh adalah dengan memberikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk tidur lelap. Kualitas tidur yang baik juga memberikan dampak pada proses penurunan kadar kortisol dan stres, penurunan berat badan, dan memperbaiki kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Hal yang paling baik dari cara ini adalah kamu tidak memerlukan usaha apapun untuk tidur. Cukup siapkan kamar yang nyaman dengan mengatur suhu ruangan menjadi sejuk lalu sisihkan waktu sekitar 8 hingga 10 jam untuk tidur. Tidur akan membantu tubuh melakukan detoksifikasi dengan baik.

3. Jangan Menghindari Makanan

Saat melakukan detox, biasanya kamu akan menghindari untuk makan makanan padat ketika perut terasa penuh dan menggantinya dengan air atau jus buah dan sayur. Namun, ternyata pola pikir seperti itu tidak sepenuhnya benar. Pada dasarnya tidak ada makanan dan minuman yang dilarang untuk dimakan.

Yang terpenting adalah seberapa banyak kamu mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut. Terdapat beberapa jenis makanan dan minuman yang memang harus kita batasi dan ada pula yang harus kita perbanyak. Meskipun waktu telah menunjukkan pukul 7 malam, kamu masih bisa menikmati keripik maupun cokelat asalkan jumlahnya tidak terlalu banyak.

Untuk makanan seperti sosis, keripik, gorengan, minuman manis dan bersoda, masih boleh kamu makan asalkan dalam porsi kecil.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

4. Minuman Cairan Penghilang Kembung

Terdapat beberapa bahan yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan kembung saat detox diantaranya adalah kelapa, peppermint, cabe merah, lemon, dan jahe. Kamu dapat membuat infused water yang terbuat dari lemon segar ataupun membuat secangkir teh jahe untuk mengusir perut kembung.

Jahe dan lemon juga dipercaya sebagai bahan detoksifikasi yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi air lemon saat pagi hari juga bermanfaat untuk membuang toksin yang mengendap dalam tubuh. Jahe pun juga mengandung senyawa yang mampu membantu proses detox yang kamu lakukan.

5. Ambil Jeda Untuk Lakukan Peregangan

Luangkan sedikit waktu sekitar 5 menit untuk beristirahat setiap satu jam sekali. Kamu dapat melakukan peregangan dan gerakkan tubuh meski hanya gerakan ringan. Cara ini dapat membantu melancarkan aliran darah, membakar kalori, mengurangi lelah, serta memicu detak jantung. Peregangan ringan juga membantu tubuh dalam proses detoksifikasi.

6. Hindari Minuman Beralkohol

Alkohol memang memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan tubuh. Saat kamu meminum alkohol maka organ hati akan memecahnya menjadi senyawa yang dapat merusak sel-sel hati dan jaringan tubuh yang bernama asetilhesida. Selain itu, sebelum digunakan sebagai sumber energi, tubuh akan mencerna alkohol terlebih dahulu.

Makanan dan minuman lain akan tertimbun sebagai lemak disaat tubuh sibuk mencerna alkohol. Jadi, selain merusak jaringan tubuh, alkohol juga dapat menyebabkan penumpukan lemak pada tubuh, memicu lelah, serta menyebabkan dehidrasi. Jadi, meskipun sedang tidak melakukan detox alangkah baiknya jika kamu menjauhi minuman yang mengandung alkohol.

Bagaimana? Cukup mudah bukan cara untuk melakukan detox dalam 24 jam. Meski pada dasarnya tubuh telah memiliki mekanisme tertentu untuk membuang racun, alangkah baiknya jika kamu juga turut membantu kinerja tubuh dalam membersihkan toksin agar tubuh menjadi bugar dan sehat kembali.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan