7 Jenis Sayuran Berserat untuk Sebagai Detox Penurun Kadar Gula

7 Jenis Sayuran Berserat Sebagai Detox Penurun Kadar Gula

Ketika kita bicara tentang gula darah tinggi, maka hal pertama yang ada dalam pikiran kita biasanya adalah risiko terkena diabetes. Yang jadi masalah yaitu diabetes sendiri termasuk ke dalam penyakit yang tidak bisa diobati dan bahkan bisa menyebabkan berbagai komplikasi. Mulai dari amputasi sampai dengan penyakit jantung yang bisa mematikan. Nah, dari beberapa alasan itulah sebaiknya kita rutin untuk mengonsumsi makanan yang bisa menurunkan kadar gula. Hal ini dilakukan untuk mendetoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh.

Sebagaimana 7 jenis sayuran berserat yang bisa digunakan untuk detox karena mampu menurunkan kadar gula. Biasanya sayuran yang bisa membantu menurunkan kadar gula punya indeks glikemik yang rendah dan kandungan seratnya terbilang cukup tinggi. Akan tetapi kita juga perlu memperhatikan cara dalam pengolahan agar bisa mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari sayuran tersebut.

1. Pare

Pare adalah salah satu sayuran yang tinggi serat dan mampu menurunkan kadar gula. Sayuran yang rasanya pahit ini memang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia karena mereka percaya bahwa memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak. Pare sendiri mudah untuk ditemukan, mulai dari jajanan di pinggir jalan seperti siomay ataupun tempat makan yang lainnya.

Bahkan pernah ada pakar kesehatan yang menyatakan bahwa matahari memiliki kandungan layaknya karoten dan juga momocidin. kedua kandungan tersebut memiliki khasiat untuk membantu tubuh dalam menurunkan kadar gula darah merupakan bagi orang yang sehat dan terutama bagi mereka yang sedang menderita penyakit diabetes.

Selain itu, pare juga bisa dikonsumsi langsung secara mentah atau bahkan dijadikan sebagai lalapan. Namun kebanyakan masyarakat Indonesia mengolah pare untuk dijadikan lauk dengan ditumis ataupun dijus walaupun rasa jus pare rasa pahitnya sangat terasa.

2. Bayam

Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang banyak diolah ke dalam berbagai macam makanan. Bahkan makanan khas Indonesia juga banyak yang dibuat dari sayuran yang satu ini seperti pecel, sayur bening bahkan keripik bayam. Apalagi bayam adalah salah satu sayuran yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah secara efektif. Hal tersebut dikarenakan bayam memiliki berbagai kandungan yang sehat.

Misalnya seperti beberapa kandungan yang tinggi dalam bayam seperti vitamin C, beta karoten, dan juga polifenol. Semua kandungan dalam mentimun punya peran penting  seperti antioksidan. Ia mampu mencegah terbentuknya radikal bebas yang berakibat terjadinya kerusakan pada sel-sel di dalam tubuh. Radikal bebas juga bisa merusak sel pankreas sehingga berpengaruh besar terhadap hormon insulin yang merupakan hormon pengendali kadar gula darah.

Selain itu bayam juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh linolenic acid yang bisa membuat sensitifitas insulin tubuh semakin membaik. Maka dari itu bayam menjadi salah satu sayuran yang paling recommended bagi penderita penyakit diabetes.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

3. Mentimun

Mentimun juga termasuk dalam salah satu sayuran berserat yang bisa menurunkan kadar gula. Hal tersebut dikarenakan dalam mentimun mengandung indeks glikemik yang rendah. Selain itu mentimun juga memiliki kandungan beta karoten, vitamin C, flavonoid dan juga mangan yang berperan sebagai antioksidan.

4. Terong

Tahukah Anda bahwa terong yang dimasak bersama dengan kulitnya terkandung anthocyanin yang merupakan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan di dalam terong mampu menjaga kesehatan sel beta pankreas yang berperan memproduksi hormon insulin. Kemudian antioksidan tersebut akan mengatasi kerusakan dalam jaringan perifer yang dikarenakan tingginya kadar gula.

5. Wortel

Wortel termasuk sayuran yang tinggi kandungan karotenoid dan mampu untuk membantu tubuh kita mengendalikan kadar gula. Namun perlu diingat bahwa indeks glikemik dalam wortel cukup tinggi sehingga dalam mengonsumsi wortel jangan terlalu berlebihan terutama bagi penderita diabetes.

6. Brokoli

Brokoli memiliki kandungan sulforaphane yang cukup tinggi sehingga mampu mengendalikan kadar gula sekaligus untuk melindungi pembuluh darah dari risiko penyakit-penyakit berbahaya lainnya. Sulforaphane juga bisa mencegah datangnya tumor dan kanker.

7. Bawang Putih

Bawang putih juga termasuk sayuran yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula. Pernah ada studi yang menyatakan bahwa bawang putih punya efek yang positif terhadap kadar gula dalam darah. Hal tersebut dikarenakan kandungan karbohidrat yang ada di dalam darah.

7 jenis sayuran berserat untuk menurunkan kadar gula yang telah kami sebutkan di atas cukup mudah untuk ditemukan. Selain itu Anda juga dijamin akan doyan dengan sayuran di atas. Dengan demikian Anda bisa mengolahnya untuk menu makanan sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan