Ini Dia Cara Yang Benar Dalam Melakukan Detoks Tubuh

Ini Dia Cara Yang Benar Dalam Melakukan Detoks Tubuh

Meski banyak pemahaman yang yang salah mengenai proses detox. Ada seorang ahli gizi yang menulis dalam bukunya Cara Ampuh Menguras Racun Tubuh ingin menunjukkan bagaimana kira-kira cara melakukan detox dengan benar.

Detox yang sangat aman dilakukan adalah berpuasa. Saat Anda berpuasa Anda akan membantu mengistirahatkan organ tubuh untuk mencerna dan memaksimalkan proses detoks. Namun yang banyak terjadi dikalangan masyarakat adalah saat tubuh benar melakukan detoks hal tersebut dihancurkan dengan kebiasaan berbuka puasa yang tidak memperhatikan gizi.

Setelah Anda mengistirahatkan system pencernaan maka Anda memberi makanan dalam porsi besar dan tidak terkontrol hal seperti inilah yang membuat perut harus bekerja lebih ekstra. Mungkin bagi Anda yang pertama kali mengetahui tentang detox masih bingung tentang bagaimana sih cara melakikan detox yang benar. Berikut ini cara yang benar dalam melakukan detox.

1. Puasa

Puasa adalah cara tepat yang digunakan untuk detox tubuh. Selain itu dengan berpuasa Anda bisa meremajakkan dan mengisi ulang organ dalam Anda. Anda bisa melakukan puasa secara rutin dan teratur, selain itu puasa juga diperlukan untuuk mengistirahatkan organ pencernaan

2. Smoothie

Untuk Anda yang memiliki maag akut memang mungkin tidak dianjurkan untuk berpuasa. Maka Anda bisa menggantikannya dengan mengkonsumsi smoothie yang terbuat dari sayur dan buah-buahan. Dengan mengkonsumsi smoothie Anda dapat mengoptimalkan proses detoksifikasi serta membantu melepaskan percakapan dan membersihkan tubuh.

3. Air Lemon Atau Madu

Sudah banyak terbukti bahwa banyak sekali manfaat yang terkandung dalam lemon maupun madu. Kedua bahan ini mempu bekerja seperti tonik pencernaan yang efektif. Saat pagi hari lakukan detix dengan mengkonsumsi madu dan lemon yang dicampurkan dalam segelas air. Minum saat perut Anda belum terisi apapun hal ini dapat membantu meluruhkan racun yang ada pada tubuh Anda.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

4. Teh Hijau

Cara yang benar melakukan detox juga dilarang meminum minuman yang berkafein. Untuk itu teh hijau hadir sebagai alternative dan pengganti kopi. Tah hijau kaya akan antioksidan sehingga dapat membantu detoksifikasi tubuh.

5. Makanan Organik

Tahukah Anda bahwa sayur dan buah yang kita konsumsi juga belum tentu aman. Bisa jadi buah dan sayuran tersebut mengandung pestisida. Oleh karena itu pilihlah makanan yang diolah secara alami agar dapat melepaskan racun dalam tubuh. Selain itu bersihkan buah dan sayur sebelum dikonsumsi.

Sebelum Memulai Detox, Perhatikan Hal-Hal Berikut:

  • Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag atau GERD maupun anemia. Maka sebaiknya Anda memilih paket detox level maag
  • Untuk yang selalu mengonsumsi kopi atau kafein. Maka hindari sebelum melakukan detox agar tidak memicu reaksi tubuh yang berlebihan
  • Ibu hamil dan menyusui yang ingin melakukan detox. Maka pilihlah program detox khusus ibu hamil dan menyusui
  • Jika Anda lebih ingin terkontrol lagi maka konsultasikan dengan dokter. Hal ini diperlukan untuk mengecek apakah tubuh Anda mampu melakukan puasa makanan dan hanya mengonsumsi jus buah sehari penuh
  • Untuk yang ingin melakukan detox tapi memiliki penyakit seperti diabetes, jantung, dan gangguan ginjal maka diwajibkan untuk berkonsultasi lebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir resiko yang akan diterima tubuh Anda.

Selain mendetoks tubuh, Anda juga perlu detox anggota tubuh yang lain misalnya rambut. Sama hal nya dengan detox tubuh, rambut juga tak lepas dari kontaminasi zat kimia.Berikut ini cara mendetox untuk menjaga kesehatan rambut.

1. Pilih Sampo Yang Sesuai Dengan Kondisi Rambut

Detox rambut dapat diawali dengan memilih sampo yang tepat. Sampo yang mengandung selenium sulfide dan zinc dipercaya dapat membantu prose pengelupasan sel kulit mati pada kulit kepala Anda.

2. Berhenti Menggunakan Alat Styling Rambut

Alat-alat seperti catokan, hair dryer dan lain sebagainya akan membuat rambut Anda cepat rapuh sebab panas yang dihantarkan dari panas alat tersebut. Untuk melakukan detox rambut, berhentilah menggunakan alat yang mengeluarkan uap panas selama beberapa waktu.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitu sudah terbukti berkhasiat baik untuk kulit maupun rambut. Minyak zaitun akan melapisi rambut Anda sehingga melindungi dari kerusakan. Dengan memanaskan 1 sdm minyak zaitun dan mengoleskannya ke rambut akan membuat rambut Anda lebih berkilau dan sehat.

Nah, beberapa hal di atas adalah cara yang benar dalam melakukan detoks agar hasil yang diperoleh lebih optimal.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan