Pentingnya Detox Bagi Tubuh Yang Wajib Diketahui

Pentingnya Detox Bagi Tubuh Yang Wajib Diketahui

Membuang racun yang ada di dalam tubuh biasa dikenal dengan proses detoksifikasi. Di lingkungan kita terdapat banyak sekali zat-zat yang pastinya tidak baik bagi tubuh maupun kulit. Selain itu, tubuh yang sangat jarang dirawat akan membuat zat-zat yang tidak baik tersebut semakin menumpuk. Pengaruh lingkungan seperti polusi, asap rokok, pestisida dan lain sebagainya akan semakin memperburuk kondisi Anda.

Tubuh perlu perawatan untuk mencegah terjadinya efek seperti pusing tanpa sebab, daya ingat menurun, atau alergi. Maka melakukan detoks sangat dianjurkan. Detoksifikasi dilakukan untuk membuang racun sebab organ seperti ginjal dan usus menjadi tempat tinggal bagi bahan kimia dan racun.

Selain itu, dengan Anda melakukan detoksifikasi juga dapat memperbaiki fungsi liver, ginjal serta darah. Dengan membuang racun yang ada dalam tubuh membantu mengurangi ketergantungan pada gula, kafein, nikotin dan alcohol.

Jangka Panjang Dan Jangka Pendek

Program detoks dapat dilakukan untuk jangka panjang maupun pendek. Detoks dalam jangka panjang dapat dilakukan dengan mengubah pola diet Anda. hindari makanan-makanan seperti daging, pemanis dan makanan yang memiliki karbohidrat tinggi. Cobalah memulai mengkonsumsi buah-buahan, air putih dan sayuran.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk melakukan yoga atau Tai-Chi. Untuk mengurangi stress Anda juga bisa mencoba terapi alternatif akupuntur, massage, dan lain sebagainya. Sedangkan, untuk program detoks jangka pendek Anda bisa melakukan diet jus 24 jam. Hal ini dilakukan untuk membersihkan usus besar, membuang merkuri, dan menginjeksi ke dalam pembuluh darah

Detoks di Rumah Dengan Langkah Mudah dan Simpel

Jika Anda termasuk orang yang sibuk dan banyak berada di rumah. Maka Anda juga dapat melakukan detoks sendiri. Caranya pun sangat mudah, detoks yang dilakukan sendiri termasuk detoks jangka pendek.

  1. Mandi air panas yang bercampur dengan garam. Air panas sudah terbukti bermanfaat bagi tubuh yang berfungsi menarik racun keluar dari tubuh melalui pori-pori. Garam yang dicampurkan ke dalam air juga akan menyebabkan Anda berkeringat. Selain itu, garam dan air hangat dapat membantu membersihkan usus besar
  2. Air lemon, kadar asam yang ada dalam lemon dapat membantu pembersihan. Lemon masuk ke dalam anggota sitrus yang berisi konsentrat alami dari asam sitrat. Dimana asam sitrat ini bekerja seperti pemutihan pada lemak.
  3. Konsumsi pil detoks dapat membantu mendetoksifikasi tubuh tanpa harus melakukan apapun. Anda cukup beristirahat sehari penuh saat proses detoksifikasi berlangsung.
IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

Manfaat Detoks Bagi Tubuh

Berdasarkan hal di atas, dengan rutin melakukan detox juga memberikan manfaat bagi Anda baik secara emosional maupun fisik. Beberapa hal di bawah ini adalah pentingnya detoks bagi tubuh.

1. Kesehatan Emosional

Kondisi fisik akan berpengaruh pada emosional Anda. oleh karena itu, kondisi fisik yang baik dan sehat akan membuat keadaan emosional Anda juga membaik. Proses detoks dapat menjernihkan pikiran Anda. selain itu detoks akan membuat tubuh Anda terasa lebih ringan.

Setiap orang sangat dianjurkan untuk melakukan detoks tiap seminggu sekali. Melakukan detoks secara rutin maka bersiaplah untuk mendapatkan tubuh dan pikiran yang jernih.

2. Mengurangi Zat Berbahaya Dalam Tubuh

Seperti dijelaskan di awal, bahwa proses detoks membantu menghilangkan zat berbahaya bagi tubuh. Saat melakukan detoks Anda harus menjaga pola makan dengan baik agar proses detoks juga berjalan lancar. Penuhi kebutuhan serat Anda saat melakukan detoks, hal ini dilakukan agar kebugaran tetap terjaga.

3. Kulit Bersih Dan Rambut Sehat

Perut yang terbebas dari racun akan melakukan pencernaan secara optimal. Jika Anda ingin memiliki kulit yang sehat dan rambut yang bersih serta bebas dari rontok maka lakukan detoks secara teratur.

4. Menyingkirkan Toksin Yang Terakumulasi

Setiap harinya kita mengkonsumsi berbagai macam makanan. Tanpa kita tahu dalam makanan tersebut mungkin saja mengandung zat-zat yang sulit terurai dan menumpuk. Detoksifikasi dilakukan dapat membuang semua jenis toksin dari dalam tubuh.

5. Menurunkan Kolestrol Jahat

Ketika Anda mulai melakukan detoks dengan hanya mengkonsumsi jus seperti sayur dan buah-buahan, hal itu dapat membantu membuang kolesterol jahat yang ada dalam tubuh lewat BAB. Pembersihan dilakukan untuk mengoptimalkan kerja usus serta hati.

Bagaimana? Anda sudah tahu bukan mengenai beberapa manfaat melakukan detoks. Bahkan proses detoksifikasi juga bisa Anda lakukan sendiri di rumah seperti cara-cara yang tersebut di atas. Lakukan detoksifikasi secara rutin dan dapatkan tubuh yang sehat.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan