Pentingnya Melakukan Detox Rahim Bagi Kamu Yang Sedang Promil

Pentingnya Melakukan Detox Rahim Bagi Kamu Yang Sedang Promil

Memiliki buah hati adalah impian bagi setiap pasangan suami istri. Oleh karena itu, tidak jarang pasangan yang langsung mengikuti promil (program hamil) pasca menikah. Salah satu hal yang jarang pasangan suami istri sadari untuk menunjang keberhasilan promil adalah melakukan detox rahim. Mengapa detox rahim penting untuk promil? Mari kita cari tahu jawabannya di bawah ini!

Fungsi Rahim Bagi Wanita

Pada dasarnya rahim berfungsi sebagai tempat tertanamnya sel telur yang telah dibuahi hingga nantinya akan berkembang menjadi janin. Selain itu, dinding rahim juga berfungsi sebagai tempat terjadinya menstruasi. Jika kamu sering merasakan nyeri saat datang bulan ataupun menstruasi yang tidak teratur, kemungkinan ada masalah pada rahim kamu.

Memang tidak sedikit wanita yang merasakan nyeri saat datang bulan. Jika kamu adalah salah satunya, maka tidak ada salahnya untuk mencoba detox rahim. Terlebih lagi bagi kamu yang ingin segera memiliki buah hati, detox rahim penting buat kamu lakukan. Tapi, apa itu detox rahim dan bagaimana cara melakukannya, untuk lebih jelasnya silahkan simak uraian berikut ini!

Apa Itu Detox Rahim

Sebelum mengetahui mengenai pentingnya melakukan detox rahim bagi kamu yang sedang promil, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai apa itu detox rahim. Detox sendiri berasal dari kata detoksifikasi yang mengandung makna mengurangi, membersihkan atau menghilangkan zat-zat yang mengandung racun atau toksin dari dalam tubuh.

Sedangkan detox rahim adalah proses pembersihan rahim dari zat-zat yang sering menimbulkan gangguan pada rahim dan menghambat kesuburan. Jadi, dengan melakukan detox rahim maka rahim akan menjadi bersih dari penyakit dan tingkat kesuburan pun akan meningkat. Jika tingkat kesuburan meningkat dan rahim sehat, otomatis promil juga akan memiliki peluang yang besar untuk berhasil.

Pentingnya Melakukan Detox Untuk Promil

Berdasarkan anjuran Dr. Haas dalam buku yang berjudul Staying Healthy with Nutrition, detoksifikasi atau program pembersihan memiliki peranan yang penting dalam penyembuhan maupun promil, diantaranya adalah :

  • Menjaga Keseimbangan Hormon

Toksin atau racun menjadi salah satu alasan terjadinya ketidakseimbangan hormon. Bahkan, meskipun kadar hormon dalam tubuh kamu cukup namun toksin mampu menghalangi fungsi kerjanya sehingga tubuh tidak dapat menggunakannya dengan baik. Hal tersebut seperti yang dikemukakan oleh Direktur Medis BodyLogicMD dari Encino, Dr. Travis Deuson.

  • Meningkatkan Peluang Hamil

Peluang hamil dapat meningkat karena detox dan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Dengan detox maka zat-zat yang dapat meracuni tubuh dapat disingkirkan. Selain itu, detox juga mampu menyembuhkan diri sendiri, serta mempersiapkan tubuh kamu agar berada dalam kondisi yang optimal untuk mempercepat proses kehamilan.

  • Mengatasi Kecanduan Makanan

Jika kamu ingin cepat hamil, maka saat ini adalah waktu yang paling tepat bagi kamu untuk mencari alternatif makanan bergizi sehingga dapat mengatasi masalah kecanduan makanan. Dengan begitu, maka berat badan dapat diturunkan untuk menunjang persiapan kehamilan.

  • Mengurangi Alergi Makanan

Saat melakukan detox untuk promil maka kamu akan mulai menyingkirkan makanan penyebab alergi yang dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormon, infertilitas, peradangan pada sistem pencernaan, infeksi, dan lain sebagainya.

  • Membuat Rahim Menjadi Bersih dan Sehat

Detox rahim akan membuat rahim menjadi bersih dan sehat sehingga dapat menjadi tempat yang baik bagi berkembangnya janin. Hal ini tentu akan menunjang proses keberhasilan promil yang kamu lakukan.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

Bahan-Bahan Yang Dapat Digunakan Untuk Detox Rahim

Ternyata, bahan-bahan yang dapat digunakan untuk detox rahim dapat dengan mudah kamu temukan, diantaranya adalah :

  • Madu

Khasiat madu memang tidak pernah diragukan lagi. Berbagai kandungan nutrisi mulai dari seng, natrium, kalium, magnesium, dan 24 nutrisi lainnya dapat kamu peroleh dari cairan yang dihasilkan oleh lebah ini. Kandungannya yang sempurna ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pada rahim termasuk rasa nyeri saat datang bulan.

Selain itu, madu juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kesuburan sel telur sehingga mudah dibuahi oleh sel sperma saat berada di rahim. Bagi kamu yang sedang promil, selain berfungsi sebagai detox rahim, madu juga mampu meningkatkan peluang terjadinya kehamilan, jadi wajib buat  kamu coba.

  • Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman rimpang yang memiliki banyak manfaat. Selain untuk menghangatkan tubuh, jahe memiliki kemampuan untuk meningkatkan aliran darah dan oksigen ke rahim, mengatasi peradangan, meningkatkan produksi keringat yang baik, mendukung fungsi hati, dan meningkatkan sirkulasi darah.

Jadi, jahe bukan hanya baik untuk detox rahim namun juga merupakan detoxifier yang baik untuk seluruh tubuh. Jahe juga aman dikonsumsi saat kamu sedang hamil bahkan dipercaya mampu mengurangi rasa mual saat kehamilan.

  • Frambos

Kandungan asam ferulic yang terdapat pada frambos mampu mengatasi pendarahan yang berlebihan saat terjadi menstruasi. Selain itu, frambos juga memiliki kemampuan untuk mengencangkan otot-otot rahim sehingga mampu mengmbalikan rahim ke keadaan semula pasca melahirkan.

Frambos memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik untuk sistem reproduksi seperti kalsium, zat besi, magnesium, beta karoten, vitamin B, mangan, vitamin E, dan lain sebagainya. Namun, jika kamu sedang hamil maka alangkah baiknya untuk menghindari mengkonsumsi buah ini karena dapat merangsang terjadinya kontraksi.

Bagaimana? Tertarik untuk melakukan detox rahim? Selain untuk menunjang keberhasilan promil, detox rahim juga penting untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rahim.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan