Anda Mengalami Masalah Obesitas? Yuk, Atasi Dengan Diet Sehat Dengan Sayur Dan Buah

Anda Mengalami Masalah Obesitas? Yuk, Atasi Dengan Diet Sehat Dengan Sayur Dan Buah

Obesitas merupakan kelainan pada tubuh sebabkan karena adanya lemak yang berlebihan. Hal ini ditandai dengan berat badan penderita yang berlebihan. Bahkan penderita obesitas ini berat badannya setiap hari semakin bertambah. Banyak sekali dampak negatif yang dirasakan oleh penderita, salah satunya yaitu kesulitan dalam bergerak. Bahkan penderita obesitas ini juga mudah terserang berbagai penyakit. Untuk mengatasi obesitas, ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya yaitu dengan diet sehat menggunakan sayur dan buah-buahan. Apa saja sayur dan buah-buahan yang bisa dikonsumsi penderita obesitas ? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Diet Sayur & Buah-Buahan Lebih Aman

Menurunkan berat badan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu diet. Khususnya untuk penderita obesitas diet memang diperlukan. Ada banyak jenis diet yang bisa dilakukan salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang cukup. Jika dibandingkan harus melakukan diet menggunakan obat-obatan, akan lebih aman lagi jika diet menggunakan sayur dan buah-buahan. Karena mengkonsumsi obat-obatan secara berlebihan khususnya bagi penderita obesitas bisa memberikan efek samping yang berbahaya.

Selain aman, sayur dan buah-buahan juga mudah sekali ditemukan. Bahkan jika dibandingkan dengan mengkonsumsi obat-obatan, mengkonsumsi sayur dan buah-buahan juga terbilang lebih murah. Banyak sekali cara untuk mengolah sayur dan buah-buahan sebagai menu diet. Yang pasti untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari diet sayur dan buah-buahan, konsumsi secara rutin. Selain itu penting juga untuk melakukan olahraga. Tak harus melakukan olahraga yang berat. Anda bisa memulainya dengan yang ringan dengan baik itu jalan-jalan atau lari kecil. Berikut ini daftar sayur dan buah-buahan yang cocok untuk diet.

1. Tomat

Dibalik warna yang merah merona, tomat juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk menurunkan berat badan, karena kandungan kalori di dalam tomat sangatlah sedikit, namun kaya akan serat. Seperti yang telah kita ketahui salah satu cara untuk mencegah obesitas yaitu memperbanyak mengkonsumsi serat. Apalagi kandungan senyawa kimia likopen yang ada dalam tomat ini bekerja sebagai penangkal berbagai penyakit.

2. Buah Jeruk

Vitamin C yang terkandung di dalam jeruk sangatlah besar dan berperan penting untuk mencegah obesitas. Tak hanya itu kandungan lain yang ada dalam jeruk juga bisa membakar lemak dalam tubuh lebih cepat. Namun sangat disarankan untuk mengkonsumsi jeruk sesuai dengan takaran. Karena jeruk memiliki rasa manis yang juga bisa memicu timbulnya diabetes.

3. Buah Apel

Pencegahan obesitas juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi buah apel yang cukup. Karena buah apel merupakan salah satu buah yang rendah akan lemak, kalori dan sodium. Namun kandungan serat yang terdapat dalam apel sangatlah tinggi. Konsumsi apel secara rutin agar berat badan cepat berkurang.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

4. Buncis

Bagi penderita obesitas juga disarankan untuk mengkonsumsi sayur buncis. Kandungan serat yang tinggi pada sayur buncis mampu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga pencernaan yang lancar bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat lain dari buncis yaitu bisa mengontrol gula darah. Mengkonsumsi sayur buncis sangatlah mudah, Anda bisa mengolahnya menjadi sayur berkuah atau tumis . Namun untuk penderita obesitas disarankan untuk direbus.

5. Pisang

Pisang kaya akan serat sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan, khususnya bagi penderita obesitas. Karena setelah mengkonsumsi pisang tubuh akan terasa kenyang dan keinginan untuk makan-makanan yang berat semakin berkurang.

6. Brokoli

Brokoli bisa menjadi salah satu menu andalan bagi Anda yang ingin diet. Karena jika brokoli di olah dengan benar bisa melepaskan lemak jenuh dalam tubuh. Khususnya bagi penderita obesitas sangat disarankan untuk mengolah brokoli dengan cara direbus. Selain itu penting juga untuk menghindari beberapa makanan yang mengandung banyak lemak.

7. Bayam

Sama halnya dengan brokoli, sayur bayam juga bisa menjadi menu andalan untuk mencegah obesitas. Kandungan serat yang tinggi dalam bayam ini tidak kalah dengan apel, pisang dan makanan lainnya. Agar kandungan dalam bayam bisa didapatkan secara maksimal, olah bayam dengan benar.

Itulah ulasan mengenai diet sehat dengan beberapa sayur dan buah yang direkomendasikan. Untuk diet, Anda tidak harus mengkonsumsi semua sayur dan buah-buahan tersebut. Pilihlah salah satu yang sekiranya mudah ditemukan, namun konsumsi secara rutin untuk hasil yang lebih maksimal.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan