Cara Diet Sehat Dengan Mengurangi Gula Dan Nasi

Cara Diet Sehat Dengan Mengurangi Gula Dan Nasi

Diet mengurangi gula dan nasi yakni salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk menjalankan gaya hidup sehat. Selain memang bisa membuat gemuk, banyak makan makanan yang mengandung gula dan tepung lama kelamaan bisa menyebabkan terjadinya penyakit jantung sampai dengan diabetes.

Maka dari itu Anda perlu melakukan diet sehat dengan mengurangi gula dan nasi. Berikut ini adalah cara untuk melakukan diet tersebut.

Berhenti Minum Minuman Manis

Ketika Anda sudah melakukan proses diet mengurangi gula dan nasi, mata Anda juga harus bisa menjauhi berbagai minuman manis. Mulai dari soda, sirup, kopi instan, teh manis, susu, jus buah kemasan dan lainnya. Apabila Anda masih ingin minuman kopi, teh mau beli susu sebaiknya pulangnya dikurangi.

Hal tersebut dikarenakan kandungan gula yang ada di minuman manis akan menaikkan kadar gula di dalam darah. Bahkan gula tersebut juga tidak akan membuat perut menjadi kenyang. Dengan demikian kandungan tinggi gula tersebut justru akan menambah asupan kalori yang tidak dibutuhkan. Bagan minuman manis adalah salah satu faktor utama dari penyebab terjadinya risiko diabetes dan obesitas.

Makan Banyak Sayuran Supaya Cepat Kenyang

Sayuran merupakan sumber makanan yang paling banyak mengandung serat. Mengonsumsi makanan yang tinggi serat bisa membantu apabila menjadi kenyang lebih lama. Bahkan tanpa harus menambahkan kalori lebih banyak dalam tubuh. Serat tersebut tidak akan dicerna seperti lemak, karbohidrat maupun protein. Akan tetapi serat sendiri termasuk cukup lambat untuk dicerna.

Dengan demikian serat bisa mengisi lambung jauh lebih lama sehingga akan terasa kenyang lebih lama juga. Hal tersebut untuk kemudian akan merangsang ke otak agar berpikir bahwasanya tubuh Anda masih merasa kenyang sehingga tidak butuh makan lagi. Selain itu makanan yang tinggi serat juga tidak akan menaikkan kadar gula darah.

Kandungan serat yang ada pada sayuran sangat berfungsi dalam mengatasi sembelit. Sebaiknya Anda memilih sayuran yang punya kandungan sedikit karbohidrat seperti kembang kol, tauge, bayam, brokoli, tomat, terong, selada juga jamur.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

Pilih Sumber Lemak Yang Tepat

Asupan energi yang sudah hilang bisa diganti dengan menggunakan makanan yang tinggi karbohidrat dan Anda juga boleh untuk makan lemak. Akan tetapi Anda perlu memperhatikan juga jenis lemak tersebut. Sebaiknya Anda memilih makanan yang di dalamnya mengandung lemak tak jenuh seperti alpukat, sarden, minyak zaitun, kuaci bunga matahari, salmon, dan lain sebagainya. Lemak baik atau disebut juga dengan lemak tak jenuh akan berfungsi dalam menjaga pembuluh darah serta meningkatkan kerja jantung agar tetap stabil.

Pilih Snack Rendah Karbohidrat

Apakah Anda sering makan kentang goreng untuk dijadikan sebagai snack? jika iya maka sebaiknya Anda rubah kebiasaan tersebut. Sebaiknya Anda memilih snack yang rendah karbohidrat namun proteinnya tinggi. Snack yang punya kandungan protein tinggi yakni salah satu cara yang sangat ampuh supaya bisa mengurangi rasa lapar. Misalnya seperti yogurt, almond, edamame, tempe ataupun tahu.

Baca Informasi Nilai Gizi

Cara diet sehat dengan mengurangi gula dan nasi yang selanjutnya yaitu Anda sebaiknya membaca informasi nilai gizi yang terdapat dalam kemasan suatu produk makanan. Anda harus ingat bahwa nilai gizi pada suatu produk makanan sengaja dibuat dengan berdasarkan porsi takaran saji. Informasi nilai gizi tersebut tidak dibuat berdasarkan berat bersih dari suatu produk.

Misalnya jika Anda membeli produk makanan X yang berat bersihnya atau netto 60 gram. Kemudian di label informasi produk tersebut karbohidratnya tertera sebanyak 10 gram. Sedangkan total karbohidrat tersebut tidak mewakili isi dari seluruh kemasan yang ada. Anda juga perlu melihat informasi pada takaran sajinya.

Apabila label kemasan produk tersebut telah tertera takaran saji sebanyak 30 gram, maka untuk setiap 30 gram dari produk makanan tersebut terkandung karbohidrat sebanyak 10 gram. Maka jika Anda makan sebungkus untuk tersebut hingga habis, itu artinya Anda telah mengonsumsi karbohidrat sebanyak 20 gram dan bukan 10 gram.

Nah, jadi itulah tadi cara diet sehat dengan mengurangi gula dan nasi dengan memperhatikan teks yang telah disebutkan di atas. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan informasi terkait dengan diet sehat dengan mengurangi gula dan nasi.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan