5 Jenis Makanan Bernutrisi yang Wajib Ada di Menu Harian Anda

5 Jenis Makanan Bernutrisi yang Wajib Ada di Menu Harian Anda

Tubuh membutuhkan makanan yang sehat agar tubuh juga ikut sehat. Namun terkadang kebanyakan orang menganggap bahwa makanan sehat tidak enak, padahal banyak sekali makanan sehat namun rasanya tetap lezat. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan jika mengkonsumsi makanan sehat setiap harinya, salah satunya yaitu melindungi diri dari penyakit kronis. Banyak sekali makanan yang memiliki nutrisi serta gizi yang dibutuhkan dalam tubuh. Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai 5 jenis makanan bernutrisi yang wajib ada di setiap menu makanan sehari-hari. Selengkapnya berikut ini jenis-jenis makanan tersebut.

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu buah-buahan yang mengandung banyak vitamin E,  vitamin C dan antioksidan. Mengkonsumsi alpukat bisa membantu kita terhindar dari penyakit alzheimer. Selain itu alpukat juga kaya akan lemak, namun tergolong sebagai lemak tak jenuh tunggal, sehingga alpukat bisa berkontribusi terhadap sirkulasi darah.

Selain itu manfaat dari alpukat yaitu bisa menurunkan tekanan darah, karena kesehatan otak secara keseluruhan akan meningkat jika tekanan darah rendah. Alpukat juga mengandung kalori, sehingga untuk mengkonsumsi alpukat perlu dibatasi setidaknya sehari hanya mengonsumsi seperempat hingga setengah buah alpukat.

2. Berry

Buah berry baik itu strawberry, berry dan  blueberry memiliki banyak manfaat. Salah satunya yaitu bisa membantu menghentikan kemampuan kognitif yang menurun akibat usia, sehingga buah ini cocok dikonsumsi untuk orang lanjut usia. Jika buah berry ini dikonsumsi secara rutin bisa menunda hilang ingatan. Selain itu buah berry juga mengandung senyawa pelindung yang disebut dengan antosianin.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

3. Ikan

Ada beberapa ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan. Seperti halnya sarden, ikan tuna, salmon dan ikan berminyak lainnya. Ikan ini mengandung lemak SPA sehingga tubuh bisa menggunakannya dengan mudah. Karena tubuh tidak bisa memproduksi lemak esensial secara alami, sehingga tubuh membutuhkan asupan lemak dari makanan. Lemak tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan otak. Namun juga bermanfaat untuk memperlancar keberlangsungan fungsi neuron.

Karena resiko terhadap alzheimer ini dikarenakan tingkat lemak yang rendah, sehingga penting sekali untuk memiliki simpanan lemak pada tubuh  yang cukup agar bisa membantu lebih baik dalam beradaptasi dalam menghadapi stress. Selain itu fungsi dari lemak dan DH ini membantu memudahkan memproduksi senyawa kimia dalam otak.

4. Sayuran Berdaun Hjau Gelap

Makanan lain yang wajib dikonsumsi untuk mencukupi nutrisi dalam tubuh yaitu sayuran yang berdaun hijau gelap. Adapun beberapa makanan yang direkomendasikan seperti brokoli, bayam dan sayuran berdaun gelap lainnya. Kandungan folat ini sangat dibutuhkan tubuh untuk menurunkan tingkat asam amino yang dikenal sebagai homosistein dalam darah, karena jika dalam tubuh tingkat homosistein terlalu tinggi bisa memicu kematian sel saraf dalam otak. Tak hanya itu resiko penyakit jantung juga disebabkan karena tingkat homosistein yang terlalu tinggi.

Sayuran brokoli bisa membantu kita meningkatkan fungsi kognitif serta kemampuan otak juga bisa meningkat karena terdapat kandungan vitamin K. Tak hanya itu sayur brokoli juga mengandung senyawa glukosa tinggi. Bermanfaat untuk memperlambat kerusakan pada neurotransmitter,  menjaga kesehatan otak dan ingatan yang tajam.

5. Gandum Utuh (Whole Wheat)

Tanpa adanya energi otak tidak akan bisa bekerja secara maksimal, karena otak bisa fokus dalam berkonsentrasi. Jika asupan glukosa dalam tubuh stabil dan mencukupi. Untuk mendapatkan glukosa yang cukup Anda bisa mengkonsumsi biji gandum utuh. Namun pilihlah biji gandum utuh dengan kadar indeks glikemic yang tinggi. Tak hanya itu gandum utuh ini juga mengandung karbohidrat kompleks sehingga tubuh tidak bisa mencerna dengan cepat. Hal inilah yang menyebabkan Anda bisa fokus lebih lama bahkan berjam-jam.

Ada beberapa gandum utuh yang bisa dikonsumsi seperti sereal, gandum, beras merah, oatmeal dan roti gandum. Manfaat dari gandum utuh yaitu bisa menurunkan resiko penyakit jantung dan memperlancar peredaran darah.

Itulah 5 jenis makanan yang sangat bernutrisi  dan wajib dikonsumsi oleh tubuh. Tidak ada patokan untuk mengkonsumsi makanan tersebut satu-satu persatu, karena Anda bisa mengkonsumsi semuanya dalam sehari-hari. Sehingga manfaat yang Anda dapatkan akan semakin banyak.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan