5 Makanan Dengan Kandungan Nutrisi Yang Bagus Untuk Otak

5 Makanan Dengan Kandungan Nutrisi Yang Bagus Untuk Otak

Otak manusia menjadi salah satu organ dalam tubuh yang juga disebut sebagai mesin organik yang kuat. Hal ini dikarenakan otak menjadi organ yang akan mengendalikan seluruh gerakan, pikiran, dan sensasi pada saat yang bersamaan yang mana kecepatannya hampir sama dengan kecepatan cahaya. Bahkan otak juga menjadi lemari untuk menyimpan data seperti teks, gambar, ataupun konsep pada jumlah yang sangat banyak. Jadi untuk memaksimalkan fungsi dari organ otak, Anda pun juga harus memperhatikan menu-menu makanan yang dikonsumsi. Ini dikarenakan otak juga menjadi salah satu organ tubuh yang paling serakah dalam energi, yang pasti apapun yang kita makan juga akan mempengaruhi dari kinerja otak. Nah, berikut ini adalah 5 jenis makanan yang bisa menjadi nutrisi untuk otak.

Mengonsumsi Buah Alpukat Segar

Untuk yang pertama ini adalah buah alpukat yang mana sangat kaya akan vitamin E, kemudian vitamin C dan juga antioksidan. Selain itu, buah alpukat sendiri juga mampu menurunkan resiko terkena alzheimer. Memang betul jika alpukat mempunyai kandungan lemak yang tinggi, akan tetapi lemah dan menjadi jenis lemak tak jenuh tunggal pada sirkulasi darah, sehingga otak pun bisa memperoleh aliran darah dengan sehat. Rupanya penyakit hipertensi juga menjadi salah satu faktor dari resiko penurunan kualitas kemampuan kognitif seseorang.

Banyak Mengonsumsi Buah Berry

Sedangkan untuk yang kedua ini merupakan buah berry yang terbagi menjadi 3 Jenis seperti strawberry, blueberry, dan juga acai berry. di mana jenis-jenis dari buah berry ini juga mampu membantu mencegah penurunan dari kemampuan kognitif. Dan hal itu telah dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh tuft university dimana ketika seseorang sering mengkonsumsi buah berry maka akan efektif untuk menunda hilang ingatan sesaat.

Selain itu buah berry sendiri juga mampu melindungi otak dari terjadinya stress oksidatif yang bisa saja dapat mengurangi efek dari kondisi motif lain yang masih berkaitan dengan usia contohnya saja seperti penyakit alzaimer.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

Sering Mengonsumsi Ikan

Berikutnya adalah ikan yang menjadi salah satu sumber dari nutrisi untuk otak, contohnya saja seperti ikan sarden, ikan tuna dan juga ikan salmon. Yang mana dari semua jenis ikan tersebut mempunyai kandungan asam lemak omega-3 yang sangat baik bagi kesehatan jantung bahkan untuk anggota tubuh lainnya.

Terdapat kandungan lain seperti DHA dan juga EPA yang tentunya akan memungkinkan tubuh memakai kandungan tersebut dengan mudah. Selain itu asam lemak esensial pun juga tidak akan bisa diproduksi secara alami oleh tubuh maknanya mereka pun juga wajib didapatkan dari asupan makanan, dan lemak tersebut juga sangat penting bagi kesehatan otak.

Mengonsumsi Sayuran Dengan Daun Hijau Gelap

Untuk yang berikutnya adalah sering mengkonsumsi sayuran yang memiliki daun hijau gelap. Contohnya saja seperti sayuran brokoli, kemudian bayam, Lalu ada sayur kale dan masih banyak lagi. Dimana semua sayuran yang memiliki daun hijau gelap adalah sumber makanan yang sangat tinggi akan kandungan folat dan juga vitamin E.

Contohnya saja sayur bayam sebanyak 225 gram mempunyai kurang lebih sebanyak 15% asupan vitamin E dari harian Anda, Sedangkan untuk 100 gram bayam yang masih mentah yang sudah dimasak maka akan mengandung 25% asupan harian yang Anda butuhkan.

Kandungan folat yang ada dalam sayuran rupanya dipercaya mampu menurunkan tingkat dari asam amino yang juga dikenal sebagai homosistein dalam darah. Ketika kandungan homosistein dalam darah yang tinggi tentu akan memicu kematian dari sel saraf yang ada dalam otak.

Lebih Banyak Mengonsumsi Gandum Utuh

Untuk yang terakhir ini adalah makanan dari gandum utuh. gimana gandum oto ini memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi akan tetapi ikan dari indeks dari glikemiknya cukup rendah. Sedangkan untuk karbohidrat kompleks yang ada pada roti gandum karena mampu dicerna dengan lambat oleh tubuh sehingga akan memungkinkan anda untuk terus menerus fokus dan waspada selama beberapa jam.

Itulah sekilas info yang bisa diberikan kepada Anda mengenai lima makanan yang memiliki nutrisi baik bagi perkembangan otak. Pastikan Anda mengkonsumsi minuman yang sehat sehingga fungsi dari otak Anda pun jauh lebih maksimal dan lebih fokus ketika bekerja.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan