6 Jenis Olahan Makanan Dengan Nutrisi Bagus Untuk Lansia

6 Jenis Olahan Makanan Dengan Nutrisi Bagus Untuk Lansia

Lansia (orang lanjut usia) biasanya sering mengalami masalah dalam kesehatan tubuh, seperti berkurangnya penglihatan, penciuman dan fungsi indra lainnya. Selain itu nafsu makan lansia juga semakin menurun dan masih banyak lagi masalah yang terjadi. Hal ini terjadi karena semakin bertambahnya usia seseorang, maka beberapa bagian tubuh mengalami penurunan fungsi.

Dengan adanya penurunan fungsi, maka menyebabkan kesehatan lansia semakin menurun. Untuk mengatasi hal ini, maka lansia perlu mengonsumsi banyak vitamin dan mineral. Dalam mengonsumsi makanan, lansia harus selalu didampingi supaya mendapatkan nutrisi yang tepat untuk kebutuhan tubuhnya.

Manfaat Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan bernutrisi tidak hanya dikonsumsi oleh anak kecil, tetapi orang dewasa juga perlu mengonsumsinya. Mengapa demikian?, Karena semua elemen manusia sangat membutuhkan makanan bernutrisi untuk menjaga kesehatan tubuh terutama lansia. Lansia sangat membutuhkan asupan nutrisi dengan baik supaya kesehatan lansia tetap terjaga.

Manfaat mengonsumsi makanan bernutrisi bagi lansia yaitu untuk menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, meningkatkan fungsi organ, memperkuat daya ingat, menjaga emosi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menjaga penampilan supaya awet muda. Manfaat tersebut bisa didapat oleh lansia apabila bisa menjaga asupan nutrisi dengan baik.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Lansia

Nutrisi memang berperan penting dalam pertumbuhan manusia terutama untuk menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan oleh balita, anak kecil, dewasa dan lansia sangat berbeda-beda, karena kebutuhan nutrisi tergantung dengan usia seseorang. Jika semakin tua tubuh seseorang maka nutrisi yang dibutuhkan semakin banyak.

Nutrisi yang dibutuhkan lansia yaitu protein, lemak, karbohidrat, air, serat, vitamin dan mineral. Nutrisi tersebut baik dikonsumsi tetapi harus sesuai porsi, jika tidak maka bisa menimbulkan penyakit. Misalnya lemak, lemak yang dibutuhkan lansia sekitar 20-35% dari kalori yang dibutuhkan dan jika lebih maka menyebabkan penyakit jantung koroner.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

Pola Makan Yang Sesuai Untuk Kebutuhan Lansia

Dalam mengonsumsi makanan, asupan nutrisi dari makanan sangat penting dalam menjaga kesehatan lansia. Untuk itu, diperlukannya pola makan yang baik supaya kesehatan lansia tetap terjaga. Karena pada usia lansia beberapa bagian tubuh mengalami penurunan fungsi, sehingga perlu untuk menjalankan pola makan yang benar.

Pola makan yang sesuai untuk kebutuhan lansia yaitu menjaga porsi makan setiap hari, asupan gizi harus seimbang, mengonsumsi banyak kalsium, membatasi pemakai garam, gula dan lemak, yang terakhir jangan lupa untuk memperhatikan kebutuhan kalori. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga asupan yang dibutuhkan oleh tubuh lansia.

Jenis Olahan Makanan Yang Cocok Untuk Lansia

Pada usia lansia, jenis makanan merupakan hal yang harus diperhatikan. Alasannya karena pada usia lansia asupan nutrisi merupakan hal yang akan mempengaruhi kesehatan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana jenis makanan yang cocok untuk lansia. Berikut terdapat beberapa jenis olahan makanan yang cocok untuk lansia.

1. Olahan Dari Bayam

Bayam mengandung flavonoid dan vitamin K yang cukup tinggi. Flavonoid dapat mencegah terjadinya kanker prostat yang biasanya dialami lansia dan vitamin K berfungsi untuk mencegah terjadinya tulang keropos.

2. Olahan Dari Wortel

Kandungan yang dimiliki wortel yaitu vitamin C, beta karoten, dan vitamin E yang berfungsi untuk mengatasi kesehatan mata yang mulai rabun. Selain itu, terdapat vitamin A yang mencegah terjadinya penyakit alzheimer.

3. Olahan Dari Telur

Kandungan protein yang ada pada telur, dapat berfungsi untuk meningkatkan kekuatan otot. Jadi, olahan makanan ini bisa menjaga kekuatan otot-otot lansia.

4. Olahan Dari Salmon

Salmon merupakan makanan yang mengandung kalori dan lemak jenuh yang rendah, sehingga salmon sangat cocok untuk dikonsumsi lansia.

5. Olahan Dari Kacang-kacangan

Kandungan serat larut yang dimiliki kacang-kacangan dapat membantu lansia dalam menurunkan kadar gula yang ada di dalam darah.

Menjaga kesehatan tubuh merupakan hal yang perlu diperhatikan bagi lansia. Dengan terjadinya penurunan fungsi organ yang terjadi pada lansia, mengonsumsi makanan bernutrisi merupakan solusi yang tepat. Tetapi, hal yang perlu diingat yaitu dalam mengonsumsi makanan harus sesuai porsinya.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan