7 Menu Makanan Sehat Bernutrisi Untuk Balita

7 Menu Makanan Sehat Bernutrisi Untuk Balita

Makanan anak untuk usia balita memang dianjurkan masakan rumahan. Makanan yang diolah sendiri dirasa lebih sehat dari pada makanan instan. Kebutuhan nutrisi anak pada usia balita memang cukup beragam. Selain itu, selera makan anak juga berbeda-beda sehingga menuntut ibu untuk lebih kreatif untuk memberi asupan si kecil.

Nah, agar nutrisi anak dapat terpenuhi Anda bisa menyimak beberapa menu makanan sehat dan bernutrisi yang pastinya baik untuk perkembangan si kecil.

1. Bubur Beras, Jagung & Labu

Menu MPASI selanjutnya adalah bubur beras, jagung dan labu. Untuk membuat MPAI dari 3 bahan tersebut sangatlah mudah. Ambil beras secukupnya, bersihkan lalu masak hingga menjadi bubur. Rebus jagung dan labu yang telah diparut hingga matang, lalu haluskan. Campurkan bubur, jagung dan labu dengan menyaringnya dengan saringan kawat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar tekstur makanan tetap halus dan mudah dicerna.

2. Nasi Tim Campur

Untuk menu makan malam Anda bisa membuat makanan bernutrisi berupa nasi tim. Nasi tim ini terbuat dari bubur beras yang diberi sayur yang dihaluskan. Pertama-tama Anda harus memasak beras hingga menjadi bubur. Setelah itu, haluskan sawi dan suwiran ayam yang telah matang menggunakan blender. Campurkan ketiga bahan tersebut dan aduk hingga rata, lalu sajikan sebagai menu makanan bernutrisi untuk si kecil.

3. Pure Tomat

Buah yang memiliki warna cerah ini memiliki kandungan vitamin C serta sumber antioksidan. Keduan kandungan tersebut dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh bayi. Selain itu pigmen warna cerah seperti merah dan orange pada tomat menandakan tomat memiliki kandungan beta karoten yang baik untuk penglihatan. Mengkonsumsi tomat untuk dijadikan MPASI sebenarnya boleh jika cara mengolahnya tepat.

4. Kentang Tuna Saus Bayam

Dibanding umbi-umbian yang lain, kentang memiliki kandungan gizi yang baik. Selain itu, mencampurkannya dengan ikan yang merupakan sumber protein akan membantu merangsang perkembangan otak anak.

Cara pembuatan

  • Masukkan daging ikan dan kentang yang sudah dikukus hingga masak dan dihaluskan ke dalam mangkuk saji
  • Tumis bawang bombai dengan mentega hingga harum.
  • Tambahkan susu, lalu aduk rata. Anda juga bisa menambahkan bayam sebagai sayuran
  • Campurkan dengan kentang dan ikan yang sudah dihaluskan
IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

5. Pure Alpukat

Buah yang kaya akan omega 3 ini pastinya baik untuk perkembangan otak. Selain itu, tekstur buah alpukat yang lembut sangat baik untuk pencernaan si kecil. Cara membuat MPASI dari buah alpukat, yang pertama-tama adalah mengeruk daging buah tersebut. Lalu, haluskan menggunakan blender atau ditekan-tekan dengan garpu. Agar tekturnya tidak terlalu padat Anda bisa menambahkan air atau ASI perah. Saat mengambil daging buah alpukat jangan sampai mengeruk hingga bagian kulit ya. Nah, Pure Alpukat ini bisa dijadikan menu sarapan bagi si kecil.

6. Pure Pisang Apel

Apel dan pisang merupakan buah yang dikenal memiliki kandungan serat yang tinggi. Jika dilihat dari kandungan buah apel saja di dalamnya terdapat kalium, magnesium, vitamin A, vitamin C dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang memiliki balita menu MPAI yang satu ini juga bisa dijadikan andalan untuk sarapan si kecil. Cara pembuatannya juga mudah.

Bahan:

  • 1 Buah apel royal galah yang telah dikupas kulitnya, potong dadu
  • 1 buah pisang ambon, potong kecil-kecil

Cara pembuatan

  • Haluskan apel dan pisang secara terpisah menggunakan blender
  • Campurkan apel dan pisang yang telah dihaluskan ke dalam satu mangkuk
  • MPASI siap menjadi menu sarapan si kecil

7. Pure Kentang Dan Brokoli

Kentang adalah salah satu sayur yang mengandung vitamin dan mineral yang tinggi. Vitamin yang terkandung dalam kentang inilah yang bisa mencegah radikal bebas. Selain itu, kentang juga menyehatkan pencernaan, apalagi untuk anak usia di atas 6 bulan. Teksturnya yang lunak setelah direbus menjadikan kentang sebagai salah satu menu MPASI.

Kentang yang dipadu padankan dengan brokoli akan menjadi perpaduan yang sangat baik. Hal ini disebabkan, nutrisi yang ada pada sayur brokoli baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Cara pembuatannya sendiri cukup mudah.

Bahan

  • 1 buah kentang, cuci bersih
  • ¼ brokoli, bersihkan dengan merendamnya menggunakan air garam
  • ¼ sendok teh unsalted butter

Instruksi

  • Rebus kentang hingga matang tunggu dingin lalu kupas kulit kentang tersebut
  • Rebus brokoli yang sudah dibersihkan, potong kecil-kecil
  • Haluskan kentang yang sudah dikupas dengan brokoli menggunakan blender
  • Tambahkan air atau ASI untuk tekstur yang diinginkan
  • Aduk rata dan hidangkan

Nah, itu tadi bunda beberapa menu makanan sehat bernutrisi untuk balita. Agar si kecil tidak bosan Anda juga bisa mengkreasikan beberapa bahan lain loh. Misalnya pepaya, melon, anggur, pir. Selain itu Anda juga bisa memilih sayuran seperti bayam, wortel, dan kacang polong.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan