7 Tips Mudah Untuk Mengobati Radang Usus Di Rumah

7 Tips Mudah Untuk Mengobati Radang Usus Di Rumah

Ketika usus terluka ataupun mengalami infeksi, maka usus akan meradang. Selain itu peradangan pada usus bisa dikarenakan gangguan pencernaan seperti kolitis ulserativa serta penyakit crohn. Apapun penyebab peradangan pada usus memang sangat menyakitkan apabila tidak segera ditangani dengan tepat.

Maka dari itu Anda bisa lakukan 7 tips mudah untuk mengobati radang usus yang bisa Anda lakukan di rumah.

Mengonsumsi Makanan Yang Baik Bagi Usus

Bagi orang yang punya penyakit radang usus tidak ada program diet khusus yang perlu dijalani. Akan tetapi membiasakan mengonsumsi makanan yang baik bagi usus bisa membantu meredakan sakit yang dirasakan. Anda bisa memperbanyak makanan yang baik bagi usus seperti oatmeal, buah segar, daging tanpa lemak, sayuran segar, serta ikan berlemak.

Sedangkan bagi orang-orang yang punya radang usus sangat direkomendasikan untuk makan dalam porsi yang kecil namun lebih sering-sering makan. Hal tersebut sangat berguna sebab asupan makan dengan porsi yang lebih kecil bisa lebih mudah dan lebih cepat dicerna oleh usus yang sedang radang.

Hindari Makanan Berlemak Serta Tinggi Serat

Apabila usus sedang mengalami radang, maka sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan berlemak. Hal tersebut dikarenakan makanan dengan serat yang tinggi dan berlemak akan sulit dicerna. Misalnya seperti saus krim, margarin dan mentega serta makanan yang digoreng.

Selain makanan tersebut, Anda juga perlu menghindari makanan yang rasanya pedas karena rentan membuat diare yang akan semakin memburuk. Lalu bagaimana dengan makanan yang tinggi serat? Sebenarnya makanan yang berserat tinggi sangat dibutuhkan agar kesehatan usus tetap terjaga serta melancarkan pencernaan. Tetapi bagi orang yang punya penyakit radang usus sebaiknya menghindari makanan yang mengandung jenis serat kompleks. Hal tersebut dikarenakan makanan dengan kandungan serat kompleks akan lebih sulit untuk dicerna tubuh Terlebih jika usus sedang radang dan lemah. Maka dari itu sebaiknya Anda menghindari terlebih dahulu makan sayur seperti brokoli, biji-bijian mentah, kembang kol, jagung serta kacang.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

Sementara Berhenti Mengonsumsi Susu

Orang dengan radang usus tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan ataupun minuman dari susu. Peradangan pada usus akan membuat kerja dalam memproduksi enzim laktase. Sedangkan enzim laktase itu sendiri akan digunakan untuk mencerna gula laktosa yang terdapat pada susu.

Apabila tubuh Anda tidak punya enzim laktase yang cukup, maka Anda akan lebih rentan sakit perut, muntah dan mual sampai sembelit atau diare setelah mengonsumsi susu. Gejala-gejala tersebut akan semakin memperkeruh keadaan khusus Anda. Selain susu, minuman lainnya yang tidak boleh dikonsumsi adalah alkohol serta kafein.

Meredakan Stres Dengan Benar

Stres merupakan salah satu keadaan yang akan membuat penyakit mudah hinggap ke tubuh. Maka dari itu radang pada usus juga berkaitan dengan stress. Bahkan beberapa orang telah melaporkan bahwa ketika mereka stres membuat radang ususnya rentan kambuh. Oleh sebab itu ada baiknya jika Anda meredakan stres dengan cara yang benar. Misalnya yoga, meditasi ataupun berlatih teknik pernapasan dalam.

Olahraga

Agar Anda terhindar dari stress, maka salah satu cara terbaiknya adalah dengan melakukan olahraga. Olahraga bukan hanya akan meredakan stres, namun sekaligus akan mengobati khusus yang kambuh karena stres. Untuk menghilangkan stres ini Anda tidak perlu mengikuti pelatihan olahraga berat atau pun datang ke gym. Olahraga ringan seperti jogging ataupun jalan-jalan bisa menormalkan kembali fungsi usus dan membantu untuk mengurangi stres.

Terapi Biofeedback

Biofeedback merupakan salah satu teknik terapi yang berguna untuk mengurangi otot tegang serta memperlambat detak jantung melalui bantuan mesin. Sedangkan tujuan dari dilakukannya terapi biofeedback yakni untuk membantu tubuh Anda lebih rileks dan santai supaya bisa lebih mudah dalam mengatasi pikiran yang stres. untuk bisa menerapkan terapi biofeedback ini Anda perlu mengonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Berhenti Merokok

Salah satu pemicu kambuhnya radang usus yaitu merokok. Selain itu merokok juga bisa meningkatkan risiko penyakit crohn embuh bahkan lebih parah serta ingatkan untuk menjalani operasi supaya gejalanya sembuh.

Berbagai cara untuk mengobati radang usus di atas yang dilakukan dengan pengobatan rumahan tentunya akan membantu kerja obat dari dokter. Dengan demikian obat tersebut lebih efektif untuk mengobati radang pada usus. Akan tetapi jika gejala radang usus sudah parah, maka Anda harus datang ke dokter agar bisa ditindaklanjuti dengan operasi.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan