Agar Pencernaan Sehat, Yuk Konsumsi 6 Jenis dan Berserat Berikut Ini

Agar Pencernaan Sehat, Yuk Konsumsi 6 Jenis dan Berserat Berikut Ini

Tubuh membutuhkan asupan serat yang cukup. Karena serat berfungsi untuk proses pencernaan  khususnya pada bagian usus besar. Tanpa adanya serat proses pencernaan tidak bisa berfungsi secara maksimal dalam membuang sampah hasil makanan yang masuk ke dalam tubuh. Banyak sekali penyakit yang timbul dari kurangnya serat yaitu sakit jantung, kelebihan berat badan, kanker dan lain sebagainya. Setiap harinya pasti kebanyakan orang makan 3 kali sehari. Nah, dalam 3 kali makan tersebut disarankan untuk mengkonsumsi makanan uang mengandung serat. Dari banyaknya makanan yang mengandung serat, sayur salah satu sumbernya. Namun tidak semua sayuran mengandung serat. Ada beberapa sayuran yang memang kaya akan serat dan baik untuk dikonsumsi.

Nah, pada ulasan kali ini akan dibahas mengenai sayur-sayuran mengandung serat tinggi. Kurang lebih ada 6 jenis sayur-sayuran. Ingin memiliki tubuh yang sehat? Mari simak 6 jenis sayur berserat berikut ini.

1. Mentimun Kecil

Mentimun merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak serat bahkan dalam mentimun yang berukuran kecil atau setiap 100 gram  mengandung sekitar 0,5 gram serat. selain mengandung serat mentimun juga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti fosfor vitamin si kalium magnesium dan kalsiumdengan adanya beberapa kandungan tersebut mendapat dari mentimun yaitu bisa menghilangkan panas dalam bahkan bisa menghilangkan racun anak dalam tak hanya itu mentimun kecil ini juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit melancarkan sistem pencernaan dan menurunkan tekanan darah tinggibanyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk mengkonsumsi mentimun baik itu dimakan secara langsung atau dibuat jus.

2. Daun Selada

Tak kalah dengan mentimun, daun selada juga kayak akan serat. Bahkan dalam 100 gram daun selada mengandung 0,6 gram serat. Di dalam daun selada tidak hanya mengandung serat namun juga mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Seperti kalsium, kalium dan karoten. Dengan banyaknya kandungan tersebut, tidak heran jika daun selada juga memiliki banyak manfaat diantaranya mencegah kulit menjadi kering, menjaga kesehatan rambut, melancarkan metabolisme, memperbaiki organ dalam mencegah panas dalam dan mengobati insomnia atau sulit tidur. Daun selada bisa diolah menjadi sayur berkuah atau bahkan direbus lalu dimakan.

IniDetox - informasi artikel kesehatan dan tips memiliki pola hidup sehat dengan detoks harian

3. Pare

Dalam 100 gram pare mengandung 0,8 gram serat, sehingga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Diantaranya mengatasi diabetes melitus, menyejukkan tubuh ketika cuaca panas, mengatasi penyakit liver , mengatasi penyakit stroke, menurunkan kadar kolesterol darah, memperlancar asi, mencegah sembelit dan mengobati sariawan. Banyaknya manfaat tersebut dikarenakan dalam pare ini mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, asam amino,  vitamin c dan karatin  yang dibutuhkan dalam tubuh.

4. Kembang Kol dan Brokoli

Brokoli memiliki banyak kandungan diantaranya vitamin b2, vitamin b1, vitamin c, vitamin e, kalsium, fosfor, yodium, kalium dan provitamin A. Sedangkan kandungan setiap 100 gram brokoli mengandung 0,9 gram serat. Manfaat dari brokoli itu menurunkan kolesterol, menghambat pertumbuhan tumor, mengobati penyakit pencernaan kronis, menjeda penyakit kulit, menghilangkan alkohol dalam darah, mencegah kanker usus dan mencegah penyakit lambung.

5. Buncis

Buncis juga kaya akan serat, bahkan dalam 100 gram buncis mengandung 1,2 gram serat. Buncis memiliki manfaat jika dikonsumsi secara rutin diantaranya sebagai obat luka lambung, menurunkan kolesterol, menstabilkan gula darah menurunkan tekanan darah mencegah kanker usus besar dan kanker payudara karena dalam buncis juga mengandung vitamin teh vitamin b1 vitamin b2 provitamin A, fosfor dan kalium.

6. Sawi Hijau

Sayur sawi hijau mengandung 1,8 gram serat dalam 100 gramnya. Tak hanya itu dalam sawi hijau juga mengandung vitamin A,  vitamin B, vitamin C, zat besi, fosfor dan kalium. Sehingga sawi hijau ini bermanfaat untuk membantu kesehatan, pencernaan, mencegah kanker dan mengobatinya. Sawi hijau bisa Anda olah menjadi berbagai makanan, seperti salad, sayur kuah dan lain sebagainya.

Itulah 6 jenis sayur-sayuran yang kaya akan serat yang bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan membuat pencernaan lebih sehat. Tak hanya itu banyak sekali manfaat bisa didapatkan. Bahkan penyakit kronispun bisa diobati dengan mengkonsumsi sayur.

Artikel Kesehatan | IniDetox - Informasi harian seputar detox dan kesehatan